Materi matriks (Penjumlahan dan pengurangan matriks)

Materi matriks (penjumlahan dan pengurangan matriks) lengkap dengan soal latihan adalah judul dari postingan kali ini. Sebelum sharematika berbagi materi matriks (Penjumlahan dan pengurangan matriks lengkap dengan soal latihan), alangkah baiknya sharematika mengucapkan salam sapa untuk sahabat sharematika semua, berjumpa lagi dengan forsharematika.blogspot.com, blog yang membahas semua materi matematika lengkap dengan soal-soal serta pembahasan, mulai dari materi matematika sd, materi matematika smp, materi matematika sma, dan materi matematika perguruan tinggi.
Matriks adalah susunan sekelompok bilangan dalam suatu jajaran berbentuk persegi yang diatur berdasarkan baris dan kolom dan diletakkan di antara dua tanda kurung (kurung biasa atau kurung siku). Sebuah matriks dapat diberi nama, dan biasanya nama tersebut dinyatakan dengan menggunakan huruf besar atau huruf kapital.
Bentuk umum matriks







1. Penjumlahan dua matriks.
Jika matriks A dan matriks B berordo sama, maka jumlah matriks A dengan matriks B (A+B), adalah sebuah matriks baru yang diperoleh dengan cara menjumlahkan setiap elemen matriks A dengan elemen matriks B yang seletak.
Sifat-sifat penjumlahan matriks
a. Dua buah matriks A dan B dapat dijumlahkan, bila kedua matriks itu mempunyai ordo yang sama
b. Bersifat komutatif = A+B=B+A
c. Bersifat asosiatif = (A+B)+C=A+(B+C)
d. ada unsur identitas
e. Semua matriks A mempunyai lawan atau negatif
2. Pengurangan matriks
jika matriks A dan matriks B berordo sama, maka pengurangan matriks A dengan matriks B (A-B) adalah sebuah matriks baru yang diperoleh dengan cara mengurangkan setiap elemen matriks A dengan elemen matriks B yang seletak.
Pengurangan matiks A dengan matriks B dapat pula didefinisikan sebagai jumlah antara matriks A dengan lawan dari matriks B, ditulus : A-B = A+(-B)

untuk pembahasan selengkapnya tentang materi matrik dapat didownload di sini:
download materi matriks lengkap dengan latihan soal.
semoga materi matriks lengkap dengan latihan soal bermanfaat untuk kita semua.

Admin : Mohammad Irfan Faris S.Pd

0 komentar:

Posting Komentar