Materi logaritma lengkap dengan contoh soal

Materi logaritma lengkap dengan contoh soal adalah judul dari artikel kali ini. Logaritma adalah materi matematika sma kelas x semester I. Sebelumnya kita telah mempelajari materi bentuk akar, dan materi bentuk pangkat pada semester I sma kelas x. Sebelum perpusmath berbagi materi logaritma lengkap dengan contoh soal dan pembahasan, alangkah baiknya perpusmath mengucapkan salam sapa untuk sahabat perpusmath semuanya. Berjumpa lagi dengan perpusmath, blog yang membahas semua materi matematika, rpp matematika, ptk matematika, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan matematika.

Logaritma
Pada pembahasan sebelumnya, Anda telah mempelajari mengenai bilangan berpangkat, misalnya 24 = 16, 2 disebut sebagai basis, 4 sebagai pangkat (eksponen), dan 16 sebagai hasil pemangkatan 2 oleh 4. Jika pertanyaannya dibalik, 2 pangkat berapa menghasilkan nilai 16, Anda akan menjawab 4. Operasi kebalikan dari menentukan nilai pemangkatan menjadi menentukan pangkatnya disebut sebagai operasi logartima, yang dapat ditulis:
24 = 16 ⇔ 2log 16 = 4
Secara umum:
Jika x = an maka alog x = n, dan sebaliknya jika alog x = n maka x = an. Hubungan antara bilangan berpangkat dan logaritma dapat dinyatakan sebagai berikut:
alog x = n ⇔ x = an
dengan: a = bilangan pokok atau basis, a > 0; a ≠ 1;
x = numerus (yang dicari nilai logaritmanya), x > 0
n = hasil logaritma.
(alogx dibaca"logaritma x dengan basis a")
Bentuk logaritma dapat dinyatakan dalam bentuk pangkat dan sebaliknya, bentuk pangkat dapat dinyatakan dalam bentuk logaritma.



















Materi selanjutnya :
  • Sifat-sifat logaritma.
Admin : Mohammad irfan faris S.Pd

0 komentar:

Posting Komentar