Materi bentuk pangkat (materi sma kelas X)

Materi bentuk pangkat adalah materi bentuk pangkat matematika sma kelas x semester satu. Materi bentuk pangkat adalah judul dari artikel kali ini. Sebelum forsharematika berbagi materi bentuk pangkat sma kelas x, alangkah baiknya forsharematika mengucapkan assalamualaikum untum sahabat sharematika semua, berjumpa lagi dengan forsharematika, blog yang membahas semua materi matematika, ptk matematika, rpp matematika, dan lain sebagainya.
Materi tentang bilangan berpangkat telah Anda pelajari sebelumnya di Kelas IX. Pada bab ini akan dipelajari bilangan berpangkat dan dikembangkan sampai dengan bilangan berpangkat bulat negatif dan nol. Selain itu, akan dipelajari pula tentang logaritma.
Dalam kehidupan sehari-hari, banyak permasalahan yang dapat di-selesaikan dengan menggunakan logaritma. Sebagai contoh, Dodi menabung di bank sebesar Rp2.500.000,00. Jika bank tersebut memberikan bunga 10% per tahun, berapa lama ia harus menabung agar nilai tabungannya menjadi Rp3.660.250,00? Masalah tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan logaritma. Untuk itu, pelajarilah bab ini dengan baik.

Bilangan pangkat.
Apa itu bilangan pangkat? 
Tahukah Anda, berapa jarak antara matahari dan bumi? Ternyata jarak antara matahari dan bumi adalah 150.000.000 km. Penulisan jarak antara matahari dan bumi dapat ditulis dengan bilangan pangkat. Bagaimana caranya? Pangkat bilangan bulat dapat berupa bilangan bulat positif, nol, atau negatif.

Pangkat bulat positif
Jika a adalah bilangan riil dan n bilangan bulat positif maka a^n (dibaca "a pangkat n") adalah hasil kali n buah faktor yang masing-masing faktornya adalah a. Jadi, pangkat bulat positif secara umum dinyatakan dalam bentuk :

a^n = a x a x a x a x . . . x a, sebanyak n kali.
dengan 
a     = bilangan pokok/basis
n     = pangkat atau eksponen
a^n = bilangan berpangkat 



Dengan menggunakan konsep bilangan pangkat penulisan jarak antara matahari dan bumi, yaitu 150.000.000 km dapat ditulis dengan cara yang lebih ringkas, yang dikenal sebagai notasi ilmiah, yaitu 1,5 × 108 km.


Materi selanjutnya : (klik dibawah ini)

0 komentar:

Posting Komentar