Soal ujian nasional matematika smp lengkap dengan pembahasan
Soal ujian nasional matematika smp lengkap dengan pembahasan adalah judul dari postingan kali ini. Ujian nasional smp sebentar lagi akan berlangsung. Siswa pun mempersiapkan diri untuk menempuh ujian nasional agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan hasil ujian nasional smp yang maksimal, tentunya dapat melanjutkan ke sekolah yang favorite yang diinginkan. Berbagai cara dilakukan siswa dan guru agar siswa mendapatkan hasil yang memuaskan dalam ujian nasional smp. Salah satunya adalah mempelajari soal ujian nasional matematika smp tahun-tahun sebelumnya. Untuk mempelajari soal ujian matematika smp tahun sebelumnya tentu memerlukan pembimbing untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan belajar. Belajar mandiri untuk menempuh ujian nasional matematika smp pun dapat dilakukan, yaitu dengan mempelajari soal ujian nasional matematika smp lengkap dengan pembahasan. Soal ujian nasioanl matematika lengkap dengan pembahasan merupakan salah satu sarana belajar mandiri, karena siswa dapat mengetahui keberhasilan belajarnya sendiri. Untuk itu perpustakaan matematika kali ini berbagi soal dan pembahasan ujian nasional matematika tahun ajaran 2011/2012. Soal ini untuk latihan mengerjakan agar dapat menghasilkan nilai yang memuaskan untuk ujian nasional matematika tahun ajaran 2015/2016. Tentunya soal dan pembahasan ini akan tidak jauh berbeda dengan soal ujian nasional matematika tahun ajaran 2015/2016.
download file pembahasan soal Ujian Nasional
Tim Pembahas :
Theresia Widyantini
Choirul Listiani
Nur Amini Mustajab
Review :
Wiworo
Berikut dibawah ini adalah preview soal dan pembahasan ujian nasional matematika tahun ajaran 2011/2012.
1. Hasil dari 17 − (3 × (−8)) adalah ….
A. 49
B. 41
C. –7
D. –41
Soal ini menguji kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi
tambah, kurang, kali atau bagi pada bilangan bulat
Alternatif cara penyelesaian:
Operasi perkalian dan pembagian mempunyai hirarki yang lebih tinggi dibandingkan
operasi penjumlahan dan pengurangan. Bilangan yang ada dalam tanda kurung,
diprioritaskan untuk dikerjakan terlebih dahulu, sebelum dioperasikan dengan
bilangan lain yang ada di luar tanda kurung. Soal ini dapat diselesaikan dengan mudah
sebagai berikut:
17 − (3 × (−8)) = 17 − (−24) = 17 + 24 = 41
Jadi diperoleh hasil sama dengan 41.
(B)
A. 49
B. 41
C. –7
D. –41
Soal ini menguji kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi
tambah, kurang, kali atau bagi pada bilangan bulat
Alternatif cara penyelesaian:
Operasi perkalian dan pembagian mempunyai hirarki yang lebih tinggi dibandingkan
operasi penjumlahan dan pengurangan. Bilangan yang ada dalam tanda kurung,
diprioritaskan untuk dikerjakan terlebih dahulu, sebelum dioperasikan dengan
bilangan lain yang ada di luar tanda kurung. Soal ini dapat diselesaikan dengan mudah
sebagai berikut:
17 − (3 × (−8)) = 17 − (−24) = 17 + 24 = 41
Jadi diperoleh hasil sama dengan 41.
(B)
Semoga soal dan pembahasan un matematika smp diatas bermanfaat untuk kita semua.
admin : Mohammad Irfan Faris
0 komentar:
Posting Komentar